Artikel Umum

RENDRA, GURU DAN MANUSIA. WS Rendra adalah seorang manusia yang bijak mau mengakui kekurangan diri-sendiri. Dan petuah-petuahnya muncul dari kasus, bukan dari teori. Semakin betah saya berguru kepadanya.

Esai ini dimuat di koran Pikiran Rakyat dalam kolom Khasanah tanggal 6 September 2009

RENDRA, POHON KLUWIH, KEMUDIAN SUKUN. Salah satu yang menarik yaitu semiotika pepohonan. Rendra sebagai orang Jawa menghayati betul makna / simbol-simbol pohon sebagaimana orang Jawa menghayatinya. Pohon beringin bagi orang Jawa bermakna kekuasaan yang besar.

Artikel ini dimuat di koran Pikiran Rakyat tanggal 3 Desember 2005

KEBENARAN DAN KEBENARAN. Teori-teori atau definisi-definisi tentang kebenaran banyak sekali jumlahnya. Setiap buku atau ahli kebenaran bisa mengutarakan definisinya menurut pengetahuan, wawasan, dan sudut paandangnya masing-masing. Dari segi tata bahasa khususnya morfologi yaitu sebuah ilmu yang membahas bentuk kata, kebenaran adalah sebuah kata turunan (kata berimbuhan).

Dimuat pada koran Pikiran Rakyat pada tanggal 3 Januari 2004

KAPAI-KAPAI DUNIA KETIGA. Cerita drama Batu Tulis ini mengingatkan kita pada cerita drama “Kapai-Kapai karya Arifin C Noer. .

Dimuat pada koran Pikiran Rakyat tanggal 31 Oktober 2002

SENI, KITA, DAN TIMUR. Kesenian meditatif ini tentu berasal dari seniman yang punya penghayatan religi yang bagus (semacam ulama/pendeta/biksu) dan bahkan intelektual. Dulu memang seniman adalah ulama seperti Sunan Kalijaga.

Bermuda (Bermula dari yang Ada) Sebuah Model Proses Pembelajaran Drama Dimensi Seni Pertunjukan Berbasis Kearifan Seni Tradisi Kita

[gview file=”https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2018/10/Pa-Agus-2.pdf”]

Mencipta Sastra (Puisi) dengan Pendekatan Ilmiah Implementasi Pendekatan Ilmiah (Saintifik) Kurikulum 2013

[gview file=”https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2018/10/Semnas-Pa-Agus-Prianto.pdf”]

id_IDIndonesian