Artikel Umum

Usulan Penelitian: Penerapan Blended Learning dalam Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia di IKIP Siliwangi

Dipublikasikan pada : 21 Juni 2020.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya model pembelajaran dari
tradisional ke modern. Selain itu, adanya kebijakan pembelajaran daring akibat
pandemi Covid-19 menambah kuat pergeseran pembelajaran tatap muka ke
pembelajaran daring. Dengan demikian, model Blended Learning sebagai salah satu
model pembelajaran yang mencampurkan pembelajaran konvensional tatap muka
dengan pembelajaran daring menjadi satu dasar pemunculan masalah dalam penelitian
ini. Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan penerapan Blended Learning
dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebagai mata kuliah umum. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan sumber data dari perkuliahan
Bahasa Indonesia di Program Studi Pendidikan Matematika di IKIP Siliwangi. Teknik
pengumpulan data berupa rekam observasi, catatan harian, dan portofolio. Luaran wajib
penelitian ini adalah 1 artikel yang dipublikasikan pada jurnal nasionala terakreditasi
1-3 serta luaran tambahan berupa 1 produk HKI hasil penelitian. TKT yang diukur
adalah TKT 2.

 

[gview file=”https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2020/06/Penelitian_Diena-San-Fauziya-PBS.-Indonesia-rev.pdf”]

id_IDIndonesian