Artikel Umum

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK DAN SELF EFFICACY SISWA SMK DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING

Dipublikasikan pada : 21 Juni 2020.

ABSTRACT

This study aims to examine the  improvement of students’ mathematical reasoning  and self eficacy ability through the creative problem solving approach. The method used in this research is the quasi experimental method, with the design of pretest-posttest control group. The population is all students of vocational school in Cimahi, sample was selected into two classes, namely experimental class and control class. The instrument of this research is test in the form of description dealing with the ability of mathematical reasoning and self efficacy scale,. In analyzing the data, the test of two mean differences is done using non-parametric statistical test Mann Whitney. Based of the results show that (1) Improvement of mathematical reasoning ability of the students who received creative problem solving approach is better than that of those who obtained regular learning; (2) Improvement of self efficacy of the students who obtained creative problem solving approach is better than that of those who obtained regular learning.

Keyword: Creative Problem Solving Approach, Mathematical Reasoning, Self Efficacy

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematik dan self efficacy siswa dengan pendekatan creative problem solving Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK di Kota Cimahi, sampel dipilih menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Intrumen penelitian ini adalah tes bentuk soal uraian kemampuan penalaran matematik dan skala self efficacy. Dalam analisis data penelitian ini, dilakukan uji perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan uji statistik non-parametrik Mann Whitney. Berdasarkan hasil kesimpulan menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan creative problem solving lebih baik daripada yang  yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) peningkatan self efficacy siswa SMK yang pembelajarannya menggunakan creative problem solving lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran biasa.

 

Kata Kunci : Pendekatan creative problem solving, Penalaran matematik, Self Efficacy .

 

 

id_IDIndonesian