Artikel Umum

Klausa

Dipublikasikan pada : 25 Januari 2019.

Klausa adalah satuan gramatikal yang sekurang-kurangnya memiliki S, P. Klausa merupakan bagian dari kalimat. Oleh karena itu, klausa bukan kalimat. Klausa belum mempunyai intonasi lengkap. Sementara itu kalimat sudah mempunyai intonasi lengkap yang sudah ditandai dengan adanya kesenyapan awal dan kesenyapan akhir yang menunjukkan bahwa kalimat tersebut sudah selesai.

Jenis-jenis klausa ( klasifikasi klausa berdasarkan struktur intern { klausa lengkap, klausa tidak lengkap}, berdasarkan ada tidaknya unsur negasi { klausa positis, klausa negatif}, berdasarkan kategori yang menduduki fungsi P{ klausa nomina, klausa verba, klausa adjektiva, klausa numeral, klausa preposisi, klausa pronominal }, berdasarkan potensinya untuk menjadi kalimat {klausa bebas, klausa terikat}, berdasarkan kriteria tatarannya dalam kalimat { klausa atasan, klausa bawahan} )

Ada tiga cara untuk menganalisis klausa, analisis klausa berdasarkan fungsi unsur-unsurnya, analisis klausa berdasarkan kategori frase yang menjadi unsurnya, analisis klausa berdasarkan makna unsur-unsurnya.