SILABUS MATA KULIAH
- Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
Nomor Kode : 4307622105
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : Ganjil
Program Studi/Jenjang : PG PAUD/S1
Dosen : Hj. Komala, M.Pd.
- Kompetensi yang Diharapkan
Setelah mahasiswa mengikuti kuliah ”Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini” diharapkan memiliki kemampuan memahami, menghayati, dan mengaplikasikan Psikologi perkembangan anak usia dini, perubahan dan perkembangan anak seluruh rentang kehidupan masa kanak-kanak berdasarkan metode pembelajaran yang diterapkan.
- Deskripsi Isi
Materi perkuliahan meliputi pokok-pokok bahasan mata kuliah yang membahas mengenai konsep psikologi perkembangan anak usia dini, pendekatan-pendekatan dalam perkembangan individu anak usia dini proses perkembangan anak usia dini, faktor-faktor yang mempengarihi perkembangan anak anak usia dini, prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, tahap perkembangan anak usia dini, aspek-aspek perkembangan anak usia dini, teori-teori perkembangan anak usia dini dan pengembangan fisik motorik, kognitif, emosi dan sosial, bahasa, serta moral anak usia dini dan kasus-kasus serta isu-isu penting dalam perkembangan anak usia dini.
- Metode/Pendekatan Pembelajaran
- Pendekatan pembelajaran : individual, kelompok, klasikal, dan bervariasi.
- Metode pembelajaran : ekspositori, inkuiri, diskusi.
- Media pembelajaran : multi media.
- Evaluasi
- Kehadiran dalam perkuliahan.
- Penyelesaian tugas individu.
- Penyelesaian tugas kelompok.
- Aktivitas dalam kegiatan pembelajaran.
- Ujian tengah semester.
- Ujian akhir semester.
- Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan 1 : Orientasi perkuliahan, silabus dan RPM
Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
Pertemuan 2 : Pendekatan-pendekatan Terhadap perkembangan anak usia dini
Pertemuan 3 : Proses Perkembangan Anak Usia Dini
Pertemuan 4 : Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini
Pertemuan 5 : Prinsip-prinsip dan tugas-tugas perkembangan anak usia dini
Pertemuan 6 : Tahap perkembangan anak
Pertemuan 7 : Aspek-aspek perkembangan anak usia dini
Pertemuan 8 : Teori-teori Perkembangan Anak
Pertemuan 9 : UTS
Pertemuan 10 : Perkembangan fisik dan motorik anak
Pertemuan 11 : Perkembangan kognitif anak usia dini
Pertemuan 12 : Perkembangan emosi dan sosial anak usia dini
Pertemuan 13 : Perkembangan bahasa anak usia dini
Pertemuan 14 : Perkembangan moral dan keagamaan anak
Pertemuan 15: Masalah-masalah dan isu penting perkembangan anak usia dini
Pertemuan 16 : UAS
- Daftar Buku
Elizabeth B. Hurlock.. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Isjohni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta
John.W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.
John.W. Santrock. 2009. Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika.
John.W. Santrock. 2009. Child Development, New York: McGraw-Hill International.
Nurihsan. Juntika, 2007. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI