Silabus Mata Kuliah Psikololgi Perkembangan Anak Usia Dini

SILABUS MATA KULIAH

  1. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah                        : Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

Nomor Kode                                 : 4307622105

Jumlah SKS                                  : 2 SKS

Semester                                        : Ganjil

Program Studi/Jenjang                  : PG PAUD/S1

Dosen                                            : Hj. Komala, M.Pd.

 

 

  1. Kompetensi yang Diharapkan

Setelah mahasiswa mengikuti kuliah ”Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini” diharapkan memiliki kemampuan memahami, menghayati, dan mengaplikasikan Psikologi perkembangan anak usia dini,   perubahan dan perkembangan anak  seluruh rentang kehidupan masa kanak-kanak berdasarkan metode pembelajaran  yang diterapkan.

 

  1. Deskripsi Isi

 

Materi perkuliahan meliputi pokok-pokok bahasan mata kuliah yang membahas mengenai konsep psikologi perkembangan anak usia dini, pendekatan-pendekatan dalam perkembangan individu anak usia dini  proses perkembangan anak usia dini, faktor-faktor yang mempengarihi perkembangan anak anak usia dini, prinsip-prinsip perkembangan anak usia dini, tahap perkembangan anak usia dini, aspek-aspek perkembangan anak usia dini,  teori-teori perkembangan anak usia dini dan pengembangan fisik motorik, kognitif, emosi dan sosial, bahasa, serta moral anak usia dini dan kasus-kasus serta isu-isu   penting dalam perkembangan anak usia dini.

 

 

  1. Metode/Pendekatan Pembelajaran
  2. Pendekatan pembelajaran : individual, kelompok, klasikal, dan bervariasi.
  3. Metode pembelajaran : ekspositori, inkuiri, diskusi.
  4. Media pembelajaran : multi media.

 

  1. Evaluasi
  2. Kehadiran dalam perkuliahan.
  3. Penyelesaian tugas individu.
  4. Penyelesaian tugas kelompok.
  5. Aktivitas dalam kegiatan pembelajaran.
  6. Ujian tengah semester.
  7. Ujian akhir semester.

 

  1. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1   : Orientasi perkuliahan, silabus dan  RPM

Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini

Pertemuan 2 : Pendekatan-pendekatan Terhadap perkembangan anak usia dini

Pertemuan 3   : Proses Perkembangan Anak Usia Dini

Pertemuan 4   : Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak usia dini

Pertemuan 5  : Prinsip-prinsip dan tugas-tugas perkembangan anak usia dini

Pertemuan  6 :  Tahap perkembangan anak

Pertemuan  7 : Aspek-aspek perkembangan anak usia dini

Pertemuan  8 : Teori-teori Perkembangan Anak

Pertemuan  9 : UTS

Pertemuan 10 : Perkembangan fisik dan motorik anak

Pertemuan 11 : Perkembangan kognitif anak usia dini

Pertemuan 12 : Perkembangan emosi dan sosial anak usia dini

Pertemuan 13 : Perkembangan bahasa anak usia dini

Pertemuan 14 : Perkembangan moral dan keagamaan anak

Pertemuan 15: Masalah-masalah dan isu penting perkembangan anak usia dini

Pertemuan  16 : UAS

 

  1. Daftar Buku

Elizabeth B. Hurlock.. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Isjohni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

John.W. Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

John.W. Santrock. 2009. Masa Perkembangan Anak, Jakarta: Salemba Humanika.

John.W. Santrock. 2009. Child Development, New York: McGraw-Hill International.

Nurihsan. Juntika, 2007. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: UPI

 

id_ID
Scroll to Top