Tugas Mahasiswa

Tugas Bimbingan Konseling SD

Dipublikasikan pada : 1 Agustus 2020.
  1. Pelaksanaan bimbingan dan konseling merupakan tenggung jawab baik dari kepala sekolah, guru kelas dan orang tua itu sendiri. Terutama guru yang merupakan personel sekolah memiliki kesempatan lebih untuk bertatap muka lebih banyak dibandingkan dengan personel lainya. Jelaskan etika, prosedur dan tata cara seorang guru Sekolah Dasar melakukan konseling kepada siswa!
  2. Guru dan konselor (petugas bimbingan dan konseling) demi tercapainya tujuan yang diharapkan melaksanakan tugas pokoknya sebagai pengajar dan pembimbng bagi siswanya. Guru dalam proses pembelajaran tidak dapat dipisahkan dari kegiatan bimbingan disekolah, sebaliknya layanan bimbingan sekolah perlu dukungan atau bantuan guru. Bagaimana upaya mensukseskan tujuan bimbingan dan konseling demi keberhasilan anak didiknya walaupun sekolah memiliki keterbatasan dalam fasilitas, sarana, prasarana dan sumber daya?
  3. Menurut Suyitno (2015) “Guru dapat memperhatikan perkembangan masalah atau kesulitan siswa secara lebih nyata’. Jelaskan maksud dari pernyataan tersebut!
  4. Bagaimana partisipasi guru dalam membantu mensukseskan program bimbingan dan konseling melalui pengajaran sehari-hari di Sekolah Dasar pada kelas rendah ?
  5. Bagaimana partisipasi guru dalam membantu mensukseskan program bimbingan dan konseling melalui pengajaran sehari-hari di Sekolah Dasar pada kelas tinggi?