Tugas Mahasiswa

Pertemuan 10 MK Analisis Kesalahan Berbahasa

Dipublikasikan pada : 27 Januari 2019.
  1. JIKA 1) DAN 2) BENAR!
  2. JIKA 1) DAN 3) BENAR!
  3. JIKA 2) DAN 3) BENAR!
  4. JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
  5. Ruang lingkup analisis kesalahan mencakup tataran

1)   morfologi

2)   sintaksis

3)   artikulasi bunyi

  1. Contoh analogi dalam proses morfofonemik fonem /p/ adalah

1)   mempesona

2)   mempelopori

3)   mempojokkan

  1. Transfer negatif menyebabkan munculnya hal-hal berikut

1)   interferensi

2)   gangguan komunikasi

3)   kesalahpahaman

  1. Bahasa yang pertama dikenal, dipahami, dan digunakan oleh seseorang untuk berkomuni-kasi dinamakan

1)   bahasa pertama

2)   bahasa kedua

3)   bahasa ibu

  1. Penggunaan sistem B1 untuk B2 yang berbeda sistemnya dinamakan

1)   pemindahan sistem

2)   transfer negatif

3)   interferensi

  1. Contoh interferensi leksikal yang timbul karena prestise adalah

1)   sasiawan

2)   mapan

3)   unjuk rasa

  1. Transfer negatif terdapat dalam kalimat

1)   Enak di kamu, susah di aku

2)   Ali duduknya di belakang sendiri

3)   Tadi ada orang ketabrak mobil

  1. Kesalahan berbahasa terdapat dalam kalimat berikut

1)   Ibu sedang becermin

2)   Roti ini paling enak sekali

3)   Maman lupa tidak mengerjakan PR sehingga dimarahi Pak Guru

  1. Kesalahan berbahasa yang dilakukan siswa yang sedang belajar B2 berkaitan dengan

1)   keterampilan berbahasa

2)   situasi belajarnya

3)   linguistik

  1. Persoalan kebahasaan yang dihadapi dalam pengajaran bahasa Indonesia adalah pengaruh bahasa daerah sebagai bahasa ibu terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa sasaran. Pengaruh tersebut meliputi

1)   tata bunyi

2)   tata bentuk kata

3)   tata kalimat

  1. Sasaran analisis kesalahan dititikberatkan pada

1)   bahasa ragam formal

2)   bahasa ragam santai

3)   bahasa sasaran

  1. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan analisis kesalahan bersifat

1)   aplikatif

2)   teoretis

3)   praktis

  1. Jenis kata berikut hanya memiliki makna dalam konteks gramatikal

1)   konjungsi

2)   verba

3)   preposisi

  1. Seorang siswa kelas I SD dari Daerah Banyumas, Jawa Tengah, menyusun sebuah kalimat sebagai berikut “Ibu numbuk padi di lesung.”

Kesalahan kalimat di atas terjadi akibat dari adanya

1)   transfer interlingual

2)   transfer intralingual

3)   penghilangan morfem gramatikal

  1. Kesalahan interlingual dalam bidang tata kalimat terdapat pada kalimat

1)   Sungainya banyak batunya

2)   Orang itu bolehnya berjalan cepat sekali

3)   Ayamnya sudah menelur

  1. Kesalahan yang bersumber pada transfer intralingual terdapat dalam kalimat

1)   Dalam buku ini dijelaskan tentang cara-cara belajar yang baik

2)   Farida merayakan hari ulang tahun suaminya yang ke-40

3)   Rumah itu rumah temanku

  1. Sumber kesalahan berbahasa adalah

1)   bahasa yang sudah dimiliki

2)   runtunan perubahan peristiwa dalam kesalahan berbahasa

3)   bahasa yang dipelajari

  1. Kesalahan berbahasa yang disebabkan oleh penggunaan strategi penghilangan bentuk terdapat dalam kalimat

1)   Johan nonton televisi

2)   Jangan ngebut!

3)   Kokom pergi sekolah

  1. Kesalahan berbahasa akibat dari penggunaan strategi penghilangan fungsi kalimat terdapat dalam kalimat

1)   Pak Camat resmikan kantor barunya

2)   Panen gagal karena hama wereng

3)   Di desaku membangun sebuah jembatan

  1. Kalimat mana dalam dialog berikut yang mengandung kesalahan akibat dari penggunaan strategi alih kode adalah

1)   Firman:“Kamu diam saja, mengapa?”

2)   Fadli    : “Saya ngerasa bersalah  kepadamu.”

3)   Firman: “Bagus. Kamu sudah ngrumangsani kekeliruanmu.

 

id_IDIndonesian