Tugas Mahasiswa

Pertemuan 15 MK Sintaksis

Dipublikasikan pada : 25 Januari 2019.

Analisislah teks di bawah ini berdasarkan hubungan makna antar klausa

  1. Membiasakan diri berolahraga setiap pagi banyak manfaatnya bagi seorang pegawai. Olahraga itu sangat perlu untuk mengimbangi kegiatan duduk berjam-jam di belakang meja kantor. Kalau tidak demikian, pegawai itu akan menderita beberapa penyakit karena tidak ada keseimbangan kerja otak dan fisik. Kalau pegawai itu menderita sakit, berarti dia membengkalaikan kegiatan Negara.
  2. Kota Wonosobo telah mereka lalui. kini jalan lebih menanjak dan sempit berliku-liku. Bus meraung-raung ke dataran tinggi Dieng. Di samping kanan jurang menganga, tetapi pemandangan di kejauhan adalah hutan pinus menyelimuti punggung bukit dan bekas-bekas kawah yang memutih. Pemandangan itu melalaikan guncangan bus yang tak henti-hentinyaberkelok-kelok. Sesekali atap rumah berderet kelihatan di kejauhan.
  3. Hari ini anak-anak terlihat sangat senang karena mulai besik mereka akan menikmati liburan akhir tahun. Tia, Hafid, dan Tini juga terlihat senang. Esok hari mereka dijanjikan Ayah untuk pergi ke rumah Paman di Jogya. Ayah dan Ibu akan mengantarkan mereka ke sana. Ayah tidak tega melepas ketiga anak itu pergi sendiri karena mereka belum biasa bepergian.
  4. Telah beberapa tahun ini Fakhri rajin mencatat gejolak harga telur ayam ketika menjelang lebaran. setiap tahun, dimulai dari tahun 2010, di berbagai pasar di Kota Bandung tercatat harga telur ayam selalu fluktuatif, tetapi lebih banyak naik daripada turun

 

 

  1. Analisislah teks di bawah ini berdasarkan hubungan makna antar klausa
  2. Membiasakan diri berolahraga setiap pagi banyak manfaatnya bagi seorang pegawai. Olahraga itu sangat perlu untuk mengimbangi kegiatan duduk berjam-jam di belakang meja kantor. Kalau tidak demikian, pegawai itu akan menderita beberapa penyakit karena tidak ada keseimbangan kerja otak dan fisik. Kalau pegawai itu menderita sakit, berarti dia membengkalaikan kegiatan Negara.
  3. Kota Wonosobo telah mereka lalui. kini jalan lebih menanjak dan sempit berliku-liku. Bus meraung-raung ke dataran tinggi Dieng. Di samping kanan jurang menganga, tetapi pemandangan di kejauhan adalah hutan pinus menyelimuti punggung bukit dan bekas-bekas kawah yang memutih. Pemandangan itu melalaikan guncangan bus yang tak henti-hentinyaberkelok-kelok. Sesekali atap rumah berderet kelihatan di kejauhan.
  4. Hari ini anak-anak terlihat sangat senang karena mulai besik mereka akan menikmati liburan akhir tahun. Tia, Hafid, dan Tini juga terlihat senang. Esok hari mereka dijanjikan Ayah untuk pergi ke rumah Paman di Jogya. Ayah dan Ibu akan mengantarkan mereka ke sana. Ayah tidak tega melepas ketiga anak itu pergi sendiri karena mereka belum biasa bepergian.
  5. Telah beberapa tahun ini Fakhri rajin mencatat gejolak harga telur ayam ketika menjelang lebaran. setiap tahun, dimulai dari tahun 2010, di berbagai pasar di Kota Bandung tercatat harga telur ayam selalu fluktuatif, tetapi lebih banyak naik daripada turun