Artikel Umum

Usul Penelitian: Penerapan Metode Jurnal Reflektif Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Pembelajaran Menulis Makalah

Dipublikasikan pada : 21 Juni 2020.

[gview file=”https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/wp-content/uploads/sites/6/2020/06/Usul-Penelitian_Diena-San-Fauziya_PBS.-Indonesia_DPK.pdf”]

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode penulisan jurnal reflektif berbasis High Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran menulis makalah.
Hipotesis yang diajukan adalah metode penulisan jurnal reflektif berbasis High Order
Thinking Skills (HOTS) efektif digunakan dalam proses menulis makalah. Jika hipotesis
diterima maka dalam jangka panjang hasil penelitian ini dapat diterapkan untuk
menciptakan kualitas pembelajaran menulis makalah melalui penulisan jurnal reflektif
berbasis HOTS demi menghasilkan makalah yang juga berkualitas. Target khusus
dalam penelitian ini berupa publikasi ilmiah dalam Seloka:Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Selain itu, luaran yang
ditargetkan adalah hasil penelitian didesiminasikan dalam temu ilmiah/seminar nasional
dan juga disusun sebagai komplemen bahan ajar mata kuliah kepenulisan. Metode
penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah kuantitatif dengan desain
nonequivalent control group. Sebagai metode perbandingan, kelas kontrol akan
menggunakan metode resitasi sebagaimana pembelajaran seperti biasanya dilakukan.
Yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data melalui potofolio hasil menulis
mahasiswa. Hasil yang diharapkan adalah metode Jurnal Reflektif berbasis HOTS ini
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis makalah pada mahasiswa.

id_IDIndonesian