Artikel Umum

MENINGKATKAN RESILIENSI PESERTA DIDIK MELALUI PENINGKATAN KUALITAS HUBUNGAN GURU DENGAN SISWA

Dipublikasikan pada : 24 Januari 2019.
Sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga yang berperan dalam mengembangkan resiliensi siswa. Seorang konselor sekolah mengemban tugas membantu siswa meningkatkan resiliensi siswanya sehingga mampu beradaptasi secara positif terhadap lingkungannya, mampu menghadapi dan mengatasi masalahnya, dan berkembang secara optimal. Penelitian ini mencoba menjelaskan betapa penting hubungan antara guru dan siswa dalam meningkatkan resiliensi. Penelitian ini pun membahas karakteristik-karakteristik yang harus dimiliki seorang guru yang meningkatkan resiliensi siswa dengan meneliti pandangan siswa terhadap perilaku gurunya. Maka dari itu, pembahasan mengenai penelitian ini menjadi penting untuk memberikan masukan kepada konselor tentang konsep resiliensi, interaksi seperti apa yang dapat meningkatkan resiliensi siswa dan karakteristik konselor yang bagaimana yang harus dimiliki oleh seorang konselor dalam meningkatkan resiliensi siswa.
id_IDIndonesian